Sabtu, 21 Desember 2013

10 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia


Hutan adalah pemasok utama oksigen bagi bumi. Namun, keberadaannya kini terancam karena ulah jahat manusia yang merambah dan menjarah isi hutan. Negara manakah yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia? Indonesia? Brasil? Berikut adalah sepuluh negara dengan kawasan hutan terluas di dunia, menurut data yang dilansir Wikipedia. Data persentase ini dihitung dengan menggunakan informasi dari CIA's World Factbook 2011.
1. Rusia
Rusia atau secara resmi dikenal sebagai Federasi Rusia berbatasan langsung dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia, Belarus, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara. Negara yang beribukota di Moskow ini memiliki wilayah hutan seluas 7.762.602 kilometer persegi atau yang terbesar di dunia.
2. Brazil
Brasil adalah negara terbesar kelima di dunia, baik berdasarkan wilayah geografis dan jumlah penduduknya. Negara berjuluk negeri samba itu menduduki posisi kedua dalam daftar negara dengan hutan terluas di dunia. Luas wilayah hutan di Brasil bahkan mencapai 4.776.980 kilometer persegi.
3. Kanada
Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia yang berbatasan langsung dengan Amerika. Negara pecahan es ini memiliki wilayah hutan mencapai seluas 3.101.340 kilometer persegi. Kanada menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan wilayah hutan terluas di dunia.
4. Amerika Serikat
Amerika Serikat adalah negara terluas ketiga atau keempat di dunia, dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduknya. Negara Paman Sam ini menduduki peringkat keempat dalam daftar negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Luas wilayah hutan di Amerika Serikat mencapai 3.030.890 kilometer persegi.
5. China
China adalah negara terpadat di dunia, dengan populasi mencapai lebih dari 1,35 miliar. Negeri tirai bambu menduduki peringkat kelima, setelah Amerika Serikat, dalam daftar negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Luas wilayah hutan China mencapai 1.821.000 kilometer persegi.
6. Australia
Australia adalah negara terbesar keenam di dunia. Luas daratan negara ini mencapai 7.692.024 kilometer persegi. Sementara itu, luas wilayah hutan Australia mencapai hingga 1.470.832 kilometer persegi. Ini berarti luas wilayah hutan Australia mencapai 19 persen dari luas wilayahnya.
7. Kongo
Kongo adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Gabon, Kamerun, Republik Afrika Tengah, dan Republik Demokratik Kongo. Wilayah Kongo sendiri didominasi oleh suku berbahasa Bantu. Dengan luas daratan mencapai 342.000 kilometer persegi, Kongo menempati posisi ketujuh dalam daftar sepuluh negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Luas hutan Kongo mencapai 1.219.326 kilometer persegi atau sekitar 52 persen dari luas wilayahnya.
8. Argentina
Argentina merupakan sebuah republik federal yang terletak di bagian tenggara Amerika Selatan. Dengan luas daratan mencapai 2.780.400 kilometer persegi, kawasan hutan Argentina terbentang seluas 945.336 kilometer persegi. Itu berarti luas hutan negeri tango mencakup 34 persen dari luas wilayahnya.
9. Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.508 pulau. Luas daratan Indonesia mencapai 1.904.569 kilometer persegi. Sementara untuk luas hutannya, negara berbendera merah putih ini memiliki hutan seluas 884.950 kilometer persegi atau sekitar 46,46 persen dari luas wilayahnya.
10. India
Negara yang beribukota New Delhi ini merupakan sebuah negara di Asia Selatan. India adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan luas wilayahnya dan menjadi negara kedua dengan penduduk terpadat di dunia, dengan populasi mencapai lebih dari 1,2 miliar orang. Luas hutan India mencapai 778.424 kilometer persegi atau sekitar 23,68 persen dari luas wilayahnya.

Sumber: merdeka.com

1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus