Minggu, 28 April 2013

5 Negara Paling Berani di Dunia

5. Amerika Serikat
Siapa yang tidak kenal dengan negara Amerika Serikat ? Negara adidaya ini adalah salahsatu negara yang sangat berani didunia. Negara termaju didunia ini, merupakan pemegang utama dunia. Ia adalah polisi dunia. Tidak heran jika negara yang dipimpin oleh Barrack Obama ini paling aktif dalam mengintervensi negara lain di dunia disegala bidang, termasuk militer.

Dengan jumlah penduduk terbanyak 3 di dunia dan kekuatan ekonomi terbesar, AS memiliki percaya diri yang tinggi diantara negara lain di belahan bumi. Ditambah lagi luas negaranya yang masuk 5 besar dunia.

4. China
China adalah negara paling berani berikutnya. Sampai sekarang ekonomi China tumbuh paling cepat didunia, dan menempatkannya pada kekuatan ekonomi terbesar ke 2 di dunia setelah AS. Namun, negara komunis ini memiliki hubungan yang renggang dengan AS. Hal inilah yang mendorong China tidak mudah diintervensi manapun. Bahkan kerenggangannya menyambung pada negara tetangga, yaitu jepang dan Korea Selatan. Bersama AS, China masuk dalam anggota tetap PBB bahkan memiliki hak veto yang sangat menentukan dunia.

Pendekatan yang dilakukan China tidak diprioritaskan dalam bentuk militer atau pertahanan, ia lebih cenderung pada intervensi nonmiliter seperti, perdagangan dan pembangunan infrastruktur. Negara China merupakan negara dengan penduduk terbesar didunia yang mencapai angka 1.3 milyar lebih jiwa.

3. Iran
Kini, Iran sebagai salah satu negara paling ditakuti dunia. Negara kaya minyak ini, memiliki tenaga nuklir yang sangat besar, negara barat mengklaim ini sebagai jalan menghasilkan senjata pemusnah massal. Tetapi klaim itu tetap dibantah Iran, dan menurutnya hanya untuk kepentingan dalam negeri.

Negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan AS, ini tetap lancar berkehidupan meski diembargo dan sanksi banyak dijatuhkan oleh negara lain di dunia. Keberaniannya pada kapitalis membuat negara para mullah ini semakin dikenal di dunia.

2. Israel
Urutan kedua adalah Israel. Awalnya Israel adalah bangsa Yahudi yang tidak memiliki wilayah. Hingga akhirnya terbentuk negara ini oleh Theodore Herzl, seorang bangsa Yahudi yang ingin memiliki sebuah negara berdaulat. Sampai sekarang wilayahnya berada diatas Palestina dan mengklaimya sebagai wilayahnya. Oleh karena itu, Israel sangat dibenci kaum muslimin di dunia. Sampai sekarang mereka terus melakukan invansi dengan mendirikan pemukiman-pemukiman di wilayah klaimnya. Tidak heran jika konflik Palestina-Israel adalah topik yang hampir permanen di timur tengah bahkan dunia.

Sekutu terdekat AS ini sangat berani mendeklarasikan diri sebagai negara berdaulat. Bahkan posisinya semakin kuat akibat lobi-lobi yang dilakukannya pada negara-negara sahabat. Semakin hari, wilayahnya bertambah luas akibat pendudukannya itu, sampai saat ini. Masalahnya bukan hanya menyinggung agama saja, melainkan sudah masuk kemanusiaan.

1. Korea Utara
Korea Utara (Korut) menjadi negara paling berani didunia. Sampai saat ini isu terhangat adalah ancamannya kepada intervensi asing pada negaranya. Tidak segan-segan, negara yang di perintahkan oleh Kim Jong Un ini mengancam menyerang negara yang mengganggunya, terutama AS dan Korsel, yang sampai saat ini masih bersiteru. Keberanian Kim Jong Un diwarisi oleh ayahnya Kim Jong Il yang juga kepala pemerintahan Korut.

Keberaniannya bukan hanya ditakuti AS dan Korsel, melainkan Jepang, bahkan sahabatnya, China juga dibuatnya khawatir. Kemampuan rudal militernya diklaim bisa sampai pada daratan Amerika yang berjarak ribuan mil. Sanksi ekonomi tidak membuatnya menyurutkan perlawanan. Ia adalah ibarat pegas, semakin ditekan maka daya luncurnya semakin tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar